Pesta Balon Udara Tradisional Wonosobo

Samudra Biru _ Pesta balon udara tradisional wonosobo kali ini dipusatkan di lapangan Kecamatan Sepuran, 17 km arah timur dari kota Wonosobo. Pesta balon udara tradisional Wonosobo diadakan setiap bulan Juli memperingati hari jadi kota Wonosobo. 

Udara dingin memasuki bulan juli pagi hari, minggu (01/07/12) tidak menyurutkan masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi tempat pesta balon udara di lapangan Sepuran. Akibatnya terjadi kemacetan lalulintas yang cukup panjang.

Bagi penulis pesta balon semacam ini baru kali pertama mengalaminya. Sebuah tradisi unik yang tidak banyak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Awalnya tradisi semacam ini dilakukan pada saat perayaan panen hasil bumi dan hari besar keagamaan. Tapi pada perkembangannya berubah menjadi sebuah kompetisi pesta balon tradisional tahunan memperingati hari jadi kota Wonosobo.

Balon-balon udara yang berwarna-warni ini cukup menarik ketika melayang di udara, dengan rata-rata berukuran cukup besar dengan diameter bisa mencapai 24 meter dengan ketinggian 14 meter. Dengan dipandu sekitar 10 orang setiap balon agar bisa terbang.

Uniknya balon udara ini dibuat secara tradisional artinya bahan yang dipergunakan dari kertas minyak bukan dari plastik. Agar bisa terbang ke udara memerlukan sebuah kompor khusus yang dapat memproduksi asap. Jika berjalan mulus balon-balon udara tradisional ini bisa melayang ke udara hingga ke luar dari wilayah Wonosobo. (an_sb)




foto: alayabis.wordpress

Komentar :

ada 2 Komentar ke “Pesta Balon Udara Tradisional Wonosobo”
Manokwari News said...
pada hari 

Nyimak Aja Gan kunjungan baliknya ya di manokwarinews.com

Baca! said...
pada hari 

okey gan terimakasih kunjungannya.

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting