10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Samudra Biru _ Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim seluruh dunia. Bulan istimewa yang senantiasa dinanti. Ada hal yang menarik lainnya selain keistimewaan bulan Ramadhan dilihat dari aspek spiritualnya. Yaitu geliat perekonomian setiap memasuki bulan suci Ramadhan.

Coba kita perhatikan, di jalan-jalan, mall, pertokoan, bahkan hingga dunia online penuh dengan aktifitas guna memenuhi kebutuhan jelang Ramadhan hingga puncaknya saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tiba. 

Tidak heran mereka yang yang turut ambil bagian atau mengambil peluang usaha di bulan Ramadhan mengatakan "inilah berkahnya bulan suci Ramadhan!", segalam macam produk yang berkaitan dengan bulan Ramadhan ludes. 

Apa sajakah bisnis atau peluang usaha di Bulan Ramadhan yang ada disekitar kita? barangkali ini juga dapat mengispirasi Anda dapat turut ambil bagian didalamnya. 
  1. Makanan dan Minuman Berbuka Puasa; Bisnis yang satu ini bisa dikatakan sangat ramai dibulan Ramadhan. Berbagai jenis makanan ringan hingga minuman ringan jelang berbuka puasa dijual. Seperti kolak, es buah, kurma dan lain sebagainya. Bahkan hampir disetiap kota di indonesia pada umumnya terdapat tempat-tempat khusus yang menjadi sentra dari pada jajanan atau minuman jelang buka puasa. Seperti contoh di kota Wonosobo hampir setiap hari lepas ba'da ashar puluhan pedagang sudah memenuhi sepanjang ruas Jalan Veteran atau biasa kerap disebut Jalan Saudagaran yang menjajakan beranekan jenis makanan dan minuman.
  2. Kue Lebaran; Bisnis ini juga tidak kalah menggiurkannya, sudah dapat dipastikan setiap rumah akan menyediakan kue lebaran untuk menjamu tamu. Tidak hanya satu toples tapi bisa lebih. Jika Anda mau bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan ke para tetangga atau teman kerja. 
  3. Busana Muslim; Jenis usaha atau bisnis busana muslim jelang Ramadhan meningkat begitu pesat, coba kita perhatikan pertokoan, mall atau pasar tradisional hampir menonjolkan busana muslim disetiap outletnya? mengapa kita tidak turut menjadi bagian didalamnya?. Menurut hemat kami ini adalah salah satu peluang yang sangat bagus di bulan suci Ramadhan.
  4. Parsel Lebaran; Seiring dengan era perkembangan jaman. Usaha parsel tidak melulu didominasi oleh mereka yang memang sejak awal fokus diusaha ini (toko parsel). Namun pada faktanya usaha ini juga dapat kita lakukan jika kita mau. Isi parsel pun tidak hanya sebatas makanan atau minuman tapi bisa juga berupa pakaian atau keperluan ibadah. Dikemas sedemikian rupa dan mulai tawarkan ke tetangga atau rekan-rekan anda.
  5. Kembang Api; Kemeriahan dibulan Ramadhan atau Hari Raya tidak lengkap rasanya jika tidak diekspresikan dengan menyalakan kembang api yang seakan-akan sudah membudaya di Indonesia. Bisnis kembang api juga bisa menjadi alternatif Anda.
  6. Bisnis Tiket; Tidak dapat dipungkiri jelang Hari Raya jutaan pemudik akan pulang ke kampung halaman masing-masing, dengan demikian bagi Anda yang jeli dapat memanfaatkan moment tersebut dengan cara bisa bekerjasama dengan agen-agen tertentu untuk menyediakan jasa tiket. Baik tiket pesawat, bis dan lain sebagainya.
  7. Oleh-oleh Khas Daerah; Ledakan omset yang luarbiasa kerap terjadi pada usaha ini saat jelang Hari Raya. Para pemudik akan membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman. Barangkali Anda juga tertarik untuk turut ambil bagian.
  8. Bisnis Katering; Usaha ini juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan di bulan Ramadhan. Banyak kantor, lembaga atau perkumpulan yang memanfaatkan jasa katering untuk menggelar acara buka bersama. 
  9. Sewa Kendaraan atau Rental Mobil; Sudah dapat ditebak, usaha jasa sewa kendaraan atau mobil jelang Hari Raya selalu ludes tersewa. Meskipun harga sudah dinaikkan tetap saja tidak mengurangi minat para pemudik untuk menggunakan jasa ini. Bagaimana dengan Anda?
  10. Peluang Usaha Lainnya; Bagaimana jika bisnis kita tidak ada kaitannya dengan kedatangan bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri? Tidak perlu kuatir, karena jenis usaha apapun akan terjadi peningkatan yang signifikan saat bulan Ramadhan atau jelang Hari Raya Idul Fitri. Yang terpenting tetap semangat dan ACTION!. (by_an)

Komentar :

ada 5 Komentar ke “10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan”
Torabora said...
pada hari 

wah menarik juga yah... kita jadi punya ide apa untuk usaha di bulan ramadan.... tapi keahlian aku cuma bikin web ma program tuh... jadi cuku seriusin itu aja deh...

Deedat said...
pada hari 

itu juga begitu menarik gan. malah pengen belajar ane. tukaran link yuk :)

Sisilia Herjanti said...
pada hari 

usaha kereta kelinci atau odong2? bakalan banyak anak2 yang mau naik tuh.. sekali naik 2ooo rp sekali narik bawa 6-10 anak.. lumayan dari habis ashar.. :D

alfi cheezu said...
pada hari 

ah bener juga hehe. keliling kampung atau di alun-alun. :)

tri montesque said...
pada hari 

SEMANGAT PAGI PARA PEBISNIS...!! SAYA MAU BAGI-BAGI PELUANG BISNIS YANG NYATA NIH BUKAN SEKEDAR TIPS DAN PENJELASAN. SILAHKAN LIHAT DI http://montespro.blogspot.com/2012/09/amplop-unyu-buat-lebaran.html . SEDANG DICARI AGEN UNTUK AMPLOP LEBARAN. BISNIS YANG SANGAT MENGUNTUNGKAN TENTUNYA BAGI ANDA YANG GEMAR BERWIRAUSAHA. TERIMAKASIH

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting