Cinta Punya Hirarki

Kembali meruang di sunyi malam. jika saja hari-hari dipenuhi dengan kesunyian betapa damai adanya. tapi tentu saja tidak bisa rotasi terus bergerak sesuai dengan titah. keseimbangan alam akan menjadi pecah jika tidak sesuai skenarioNya. demikian pula cinta mmm... kembali bicara cinta seperti tidak ada habisnya menggali kata yang satu ini. teringat akan sebuah tulisan yang cukup bagus dari seorang anis matta di bukunya serial cinta masih terlihat murni belum ada nuansa politis di dalamnya jika ditelaah lebih dalam:). menurut saya sangat layak jika kita kembali sunting dan bagikan di Ruang Kata Ragam Warna Samudra Biru Cinta.

Umar Bin Khattab " Aku mencintaimu wahai Rasulullah melebihi cintaku pada semua yang lain, kecuali diriku sendiri." Tapi ia tidak menduga kalau jawaban Rasul justru berbeda sama sekali. Tidak! wahai Umar sampai aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri, jawab Rasulullah Saw.

Itulah ciri utama yang dimaksudkan dengan Hirarki pada postingan kali ini. Cinta misi berawal dan berujung pada satu dan hanya satu nama: Allah SWT. tapi Allah yang menjadi awal dan akhir dari semua cinta berkata kepada Nabi dan kekasihNya, Muhammad Saw: " Katakanlah pada mereka, jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah kau." maka cinta pada Allah harus turun pada cinta pada Muhammad Saw mengharuskan kita mencintai semua manusia yang telah beriman kepadanya, khususnya pada anggota keluarga yang luhur dan para sahabat yang mulia, dan pada semua generasi yang datang sesudah mereka dari para tabiin dan pengikut tabiin, juga siapapun yang mengikuti jalan hidup mereka dari kaum salaf bersama seluruh generasi mukmin hingga hari kiamat.

Apakah itu sudah cukup? Belum, masih ada lagi. cinta kita pada orang-orang beriman mengharuskan kita mencintai semua pekerjaan yang mana mendekatkan diri pada Allah, Rasul-Nya dan orang-orang beriman. So, Cinta pada Allah harus turun pada orang-orang dan pekerjaan. Seseoarang yang dimaksud itu terdiri dari Nabi dan semua orang yang disebut beriman. sedangkan pekerjaan itu terdiri dari semua amal Shaleh.

Begitu hirarkinya, sehingga semua cinta kita yang lain hanya akan menjadi lurus jika ia menyesuaikan diri dengan hirarki ini. Cinta pada istri-istri dan anak-anak dan juga sanak saudara, handai taulan kita, serta sahabat karib, harta-harta kita dan semua semuanya akan menjadi lurus jika ia berada dalam ruang besar yang bernama cinta pada Allah Swt. dalam buku tersebut juga dikatakan, Perasaan kita harus di tata sedemikan rupa dalam struktur cinta seperti itu.

Tentu saja semua dari kita boleh berpendapat sesuai dengan tingkat pemahaman dan dasar masing-masing di dalam memaknai cinta yang di maksudkan. sementara itu, Cinta misi apa itu Cinta misi? Cinta misi adalah sebuah ruang besar tanpa batas tanpa sekat. semua cinta yang lain harus disususun secara proposional dalam ruang besar itu. tidaklah mudah memang. tapi inilah sumber keharmonisan jiwa manusia. Hanya saja ketika emosi tertata secara apik dalam hirarki cinta misi, kita menemukan pemaknaan yang hakiki terhadap semua lairan emosi kita yang lain. persis seperti anak-anak sungai yang mengalir sendiri-sendiri. pada mulanya menyatu di hulu, lalu tampak berpencar di tengah, kemudian bertemu lagi di muara samudra

Lebih jelasnya barangkali ilustrasi ini membuat makin jelas: dikisahkan dalam suatu kesempatan Al-Banna memaknai cintanya pada Allah dan Dakwah. pada suatu hari anaknya terbaring sakit. sang istri panik. sementara bliau sendiri sedang menjalankan sebuah aktifitas dakwah. tapi sang istri bersikeras memanggilnya pulang. dengan alasan ia tidak kuat sendirian. ia khawatir akan terjadi sesuatu pada anak buah kasih mereka. tapi apa kata sang Dai yang sedang berdakwah ini, jawabnya: "Ajalnya ada di tangan Allah. kedatanganku tidak akan menambah atau menguranginya."


Demikian, semoga berkenan dan bermanfaat. sumber pelengkap serial cinta.

Komentar :

ada 0 Komentar ke “Cinta Punya Hirarki”

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting