Kini Ponsel Bisa Di-Charge dengan Suara?

Samudra Biru  - Seorang ilmuwan asal Korea Selatan menemukan teknologi baru yang memungkinkan pengguna ponsel mengisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan kekuatan suara. Hemm.. kian kemari semakin banyak penelitian dan penemuan yang sekian dekade ini begitu mengejutkan. benarkah kini ponsel bisa di-charge dengan suara?

Adalah Dr Sang-Woo Kim, seorang peneliti di Sungkyunkwan University, Seoul, yang mengembangkan teknologi itu. Teknologi ini bisa memanfaatkan energi berlebih dari suara yang dihasilkan seseorang ketika berbicara di ponsel mereka untuk mengisi baterai perangkat tersebut.

"Suara yang selalu hadir dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari kita sering diabaikan sebagai sumber energi. Ini memotivasi kami untuk menghasilkan sumber daya dengan mengubah energi suara dari pembicaraan seseorang, musik ataupun suara-suara di sekitar menjadi energi listrik," papar Kim sebagaimana dikutip Cellular News, Senin (9/5/2011).

"Energi suara bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk memungkinkan ponsel untuk di-charge di tengah percakapan serta menerima suara dari kendaraan yang berjalan dan mengubahnya menjadi energi listrik," lanjut Kim.

Berdasarkan penelitian Kim, campuran zinc oxide di antara dua elektroda mampu menghasilkan energi ketika digetarkan oleh suara-suara sekitar. Purwarupa penelitian ini mampu mengubah suara lalulintas yang bising menjadi energi listrik sebesar 50 milivolt.

Artinya, konsep Dr Kim ternyata bisa dibuktikan. Kini, Dr Kim dan tim penelitinya harus melakukan sejumlah upgrade untuk mengkomersilkan produk ini.

Saat ini, target penelitian lanjutan Dr Kim adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak listrik dari energi suara yang lebih kecil.

sumber : okezone.com

Komentar :

ada 0 Komentar ke “Kini Ponsel Bisa Di-Charge dengan Suara?”

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting