Alun-alun Paling Sehat Sedunia


Samudra Biru - Anda pernah lewat atau mampir di kota Kendal Jawa Tengah? Atau, pernahkah Anda mampir di alun-alun mini yang ada di depan komplek perkantoran pemerintahan Kabupaten Kendal? Cobalah mampir barang sejenak.

Bagi Anda yang punya penyakit rematik, atau capek karena mengendarai mobil dan motor, dijamin penyakit dan kelelahan akan sirna. Anda hanya perlu melepaskan alas kaki dan memutari alun-alun kota ini. Ya, di sepanjang sisi alun-alun tersebut ada kerikil refleksi.

Menurut Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, yang menggagas pembuatan alun-alun ini, tujuan diberinya batu refleksi supaya masyarakat Kendal tidak mudah teserang penyakit rematik.

"Alun-alun ini kami beri nama alun-alun mini untuk kesehatan. Sebab yang datang ke sini bisa berolahraga atau jalan kaki di batu-batu kecil tersebut," kata Widya, Kamis (21/4/2011).

Tidak heran, kalau kemudian gagasan kepala daerah yang juga dokter itu, disambut dengan baik oleh masyarakat. Terbukti, baik pagi maupun sore, alun-alun tersebut, sering dikunjungi oleh masyarakat, hanya untuk sekadar jalan kaki di atas lintasan dengan batu refleksi itu.

Selain alun-alun mini, di depan kantor Bupati juga terdapat alun-alun yang besarnya kira-kira 10 kali lipat dari alun-alun kecil tersebut. Namun alun-alun besar tersebut hanya dipakai untuk acara pemerintahan dan bila libur tiba digunakan oleh para pedagang kaki lima.

"Khusus untuk alun-alun mini atau alun-alun kesehatan ini, tidak boleh digunakan oleh PKL untuk berjualan. Biar bersih dan yang maujalan kaki menikmati pijatan batu refleksi tidak terganggu," kata Widya lagi. [kompas.com]


Komentar :

ada 0 Komentar ke “Alun-alun Paling Sehat Sedunia”

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting