Al-Qur'an Tertua di Asia dari Nusa Tenggara Timur

Samudra Biru - Al Quran tertua di Asia yang didatangkan dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) milik Kesultanan Ternate akhirnya ditampilkan secara resmi dan dilihat langsung oleh warga bersamaan Festival Legu Gam. Seperti yang dilansir berita kompas.com.


Sekretaris Kesultanan Ternate, Gunawan, di Ternate, Selasa, menyebutkan bahwa pihak Kesultanan akhirnya menepati janjinya untuk menampilkan Al-Qur’an kuno di depan warga yang hadir pada hari ini di Lapangan Ngara Lamo, tempat berlangsungnya Festival Legu Gam.

Al-Qur’an yang ditutupi sehelai kain putih dan terbuat dari kulit kayu, berisikan ayat-ayat Al-Qur’an lengkap 30 juz (114 surat) dengan pembungkus berupa kotak dari kayu, yang disimpan di Kedaton Kesultanan Ternate menjadi pusat perhatian, pasalnya ribuan warga yang hadir berebutan ingin menyaksikan secara langsung Al-Qur’an tertua tersebut.

"Kitab suci ini dipinjam dari Pemda Kabupaten Alori untuk dipamerkan pada perayaan Legu Gam MKR 2011. Al-Qur’an tua ini akan dibaca saat moment tertentu," kata Gunawan.

Ia menuturkan, dalam perjalanannya, Al-Qur’an kuno ini dibawa ke Alor Besar pada 1519 M oleh Iang Gogo yang merantau bersama keempat saudaranya dengan misi penyebaran Agama Islam hingga ke Alor.

Saat itu, Al-Qur’an ini dibawa pada masa Kesultanan Babullah 5 ( lima) bersaudara berlayar dari Ternate dengan menggunakan perahu layar yang menurut riwayat bernama Tuma Ninah, yang berarti `Berhenti/Singgah Sebentar.

Al-Qur’an ini tersimpan di rumah pondok sekitar tahun 1982, saat itu, kata Arifin terjadi kebakaran besar yang melanda rumah pondok tempat menyimpan Qur’an tua ini yang menghanguskan seluruh bandan dan isi rumah termasuk semua benda-benda peninggalan Ia Gogo yang dibawa dari Ternate.

Al-Qur’an tertua tersebut saat ditampilkan pada malam pesta rakyat itu, dibawa oleh pihak Kesultanan Ternate, ke tengah-tengah masyarakat yang menyaksikan berbagai atraksi tarian dan budaya. Para ahli waris didampingi oleh seluruh perangkat kesultanan (bobato).  



Demikian semoga menambah wawasan kita
Sumber Pelengkap : kompas.com

Komentar :

ada 1
Jefry said...
pada hari 

Subhanallah..
Allah telah memelihara Al Qur'an ini untuk kita lihat

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting