Apa mau punya pacar atau suami seorang Blogger?

Sudah cukup lama tidak menulis dan berkunjung ke blog samudra biru cinta ini, setelah disibukkan dengan berbagai onak duri di sepanjang jalan kehidupan:) kendati belum menemu titik temu hingga kini tapi tidak surut langkah dan di sela-sela waktu yang ada membuat web/blog baru beberapa pesanan untuk kawan juga milik sendiri, padahal masih bayi alias newbie di ranah ini dan masih banyak tanya di sana sini  pada master-master blogger. 

Mmm ... cukup jenuh juga ternyata, tapi ketika ingat tujuan serta manfaat ke depan kembali bersemangat meski hingga larut dan kumandang adzan subuh selalu mengingatkan ketika kenikmatan berselancar di dunia maya hingga pagi.

Wah kaget! ternyata sebuah Blog yang masih bayi dan jauh dari belum stabil ketika lama tidak diurus sekian hari saja traffic turun drastis! rank alexa apalagi!  ck ck ck ... ternyata tidak jauh beda dengan manusia perlakuannya:) mesti diberi perhatian dan kasih sayang juga. jujur bingung mau posting apa, sedang jauh dari ide dan kata kalimat yang tepat serta sajak-sajak, hanya ada kata kalimat di dalam otak ingin segera freedom of mind, freedom of time, freedom of anything ...hahahaha. waaaaks!

Tapi ketika jalan-jalan di maya menemukan artikel sahabat yang sangat layak diangkat ke ruang sini. barangkali saja artikel dari sahabatku ini juga manfaat buat sahabat yang lain yang hendak membuat atau memiliki niat baik di dunia penulisan terutama melalui web atau blog.

Namanya Mas Isnaini seorang Bloger yang tinggal di Jogjakarta. sedang diwawancarai secara pribadi dengan sahabat kita Andre kita simak yukk ...

Mas Isnaini ketika mengadakan seminar di Bali

www.isnaini.com

Blogger Interview | Banyak blogger yang pengin cepat kaya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Apa mungkin? Kalau itu berupa jargon belaka, ya mungkin saja. Soal kenyataannya, mending kita belajar dari salah seorang blogger yang telah menjalaninya. Namanya Isnaini, tinggal di Jogja. Blogger yang satu ini fulltime nge-blog. Kita simak wawancaranya
Hi mas. Dalam waktu dekat nggak bikin seminar lagi...
Saya nggak pernah bikin seminar kecuali acara ngumpul ama anak-anak jumatan.

Masih tetep di bunderan UGM...
Masih :D

Sebetulnya pengin ikut. Ada syarat tertentu untuk ikut kumpul...
Nggak pake syarat, langsung datang, trus angkring aja sambil ngopi.

Setiap jumat mesti ngangkring to mas?
Iya, cuman jumat kemaren gak ngangkring karena hujan lebat, malam pada ngumpul dirumah sini jadinya.

Mas, bisa mencapai angka penghasilan seperti sekarang ini butuh waktu berapa tahun?
Kalo ngeblog mulai 2001, nyari duitnya mulai 2005

Apa bener dari tidak punya komputer seperti yang dilansir di beberapa media?
Aku baru punya komputer sendiri taon 2007, dan termasuk laptop pertamaku, sebelum itu aku online di sela-sela jam mengajar di lembaga tempat aku ngajar web design, sebelum punya kerjaan dulunya ya online cuman dari warnet aja, awal2 belajar bikin web html statis juga di rental2 komputer untuk umum yang sering dipake orang buat ngerjain skripsi.

Waktu itu apakah punya obsesi untuk WAH (work at home) seperti sekarang ini?
Nggak dong, ngajar itu saik, banyak ketemu orang, ilmu rasanya gak sia-sia kalo bisa dibagi. Sampe sekarang saya masih kangen suasana mengajar, jadi WAH itu lebih karena terpaksa. Ada ketidakcocokan dengan temen di tempat kerja. Akhirnya dijadikan alasan untuk keluar dan jadi WAH. Waktu itu, earning  udah lumayan kalau cuman untuk pengangguran belum berkeluarga kayak saya :D.

Bagaimana anda mengatasi kejenuhan saat nilai adsense, atau rating anda nggak naik-naik. Pernah ’kan merasakan situasi seperti itu? Nah, bagaimana cara mengatasinya?
Saya optimis aja, bahwa suatu saat web saya itu akan rame kalo bener-bener diurus. untuk bisa naik itu kan tergantung usaha kita juga. Jenuhnya kadang kalo bikin blog baru, mulai ngisi dari awal itu yang kadang bikin jenuh karen perlu proses lama untuk web itu bisa menghasilkan. Kalo web udah stabil, earning realtif stabil, bahkan semakin lama akan semakin naik kok asal tetap diurus.

Lebih riil-nya bagaimana, mas...
Usaha untuk ngisi kontent bermutu, promosi dengan nyari tautan/backlink dll. Untuk kontent web tetap paling penting, karena kontent kitalah visitor datang ke web kita.

Sering muncul iklan dengan jargon meraih ratusan dollar dalam waktu seminggu, dll. Anda pernah ikut program macam begitu. Katakanlah model MLM-an via web seperti itu...
Saya nggak benci mlm, tapi saya pribadi nggak pernah ikut mlm. Baik yang offline maupun yang online. Cuman kadang terusik juga degan bahasa-bahasa marketing mereka yang terlalu bombastis. Seolah-olah nyari duit itu mudah dan cepat. Bukan hanya mlm aja, yang jualan ebook tentang internet marketing/nyari duit di internet, kursus2 internet marketing juga menggunakan bahasa yang sama degan janji2 yang mengggiurkan. Menurutku, orang yg jualan ebook gak akan jualan ebook kalo memang dia bisa menghasilkan seperti apa yang dia jual. Dia jual ebook karena dia gak bisa dapat duit dari program-program online earning yang ada di ebooknya, itu menurutku. Kalau dia ternyata bisa menghasilkan, trus jualan ebook juga buat nambah penghasilan, ya mungkin saja.

Apa benar, secara mekanisme duit dari adsense atau yang lain bisa "jutaan" dalam waktu singkat? Ukuran singkat disini, seminggu, sebulan...
Nah itu yang saya omongin tadi, tidak bisa dalam waktu singkat. Karena proses untuk mencapi jumlah tertentu, perlu waktu. Pertama, karena kita harus bangun web nya dulu, perlu waktu lama, bisa berbulan-bulan bahkan beberapa tahun untuk sebuah web bisa rame. nah kalo visitor udah rame, ya duit yang didapat juga banyak. Bisa dapat duit dalam waktyu singkat, kalo sebelum ikut adsense memang punya web yang udah rame, begitu dipasang adsense kan langsung dapat duitnya juga banyak, itu singkat. Ya susah dari seluruh proses itu adalah membangun web sampai jadi rame itu, makanya perlu waktu.

Sebetulnya aku pengin wawancara teman-teman blogger …
Sep. Banyak ‘kan yang bisa di jadiin contoh. Paling nggak biar blogger2 baru yang mulai maen adsense gak salah jalan.

Salah jalan...
Kan masih banyak yang suka nge-klik sendiri atau nyruh2 orang lain buat nge klik iklan biar mereka bisa dapat duit dari adsense. Aku masih sering liat kok di shoutbox para blogger Indonesia yang blogwalking saling nge-klik.

Kesabaran itu sepertinya mahal harganya, Mas. Misalkan saling nge-klik gitu apakah Google tau...
Bisa aja, setahuku mereka lebih pintar dari kita, makanya mereka bisa bikin program kayak adsense. Dari statistik web kita, mereka bisa tau visitor datang dari mana, menggunakan komputer apa, resolusi berapa, browser apa, bisa tau semua. Apalagi google. kalau yang datang ke web kita dari sebuah link di ym, email dll.  Aku yakin google juga tau dan itu jelas tidak natural, karena bukan datang dari search engine.

Disamping teknis, mungkin lebih ke sikap dasar. Kebayakan blogger top, merintisnya dari akar. Nah, ini pertanyaan standart mas, bila ingin cepet, anda punya tips...
Itu yang nggak pernah diketahui oleh blogger-blogger baru. Mereka terlalu melihat ke atas. Orang-orang yang sudah sukses dengan penghasilan besar, mereka gak pernah nanya prosesnya berapa lama untuk mencapai seperti apa yang blogger sukses dapat sekarang, berapa banyak waktu yang diluangkan untuk ngurus blog/web. Akhirnya blogger-blogger baru hanya tertarik untuk mendapat uang dalam waktu singkat padahal nggak bisa singkat. Akhirnya mereka mengeluh karena udah 3 bulan baru dapat sekian dolar. Padahal cuman posting 20 udah di bilang banyak, 3 bulan dibilang udah lama.
semakin banyak waktu kita luangkan untuk ngurus blog semakin banyak pula yang bisa kita dapat.
Kemaren ada yang nanya seperti itu juga, gimana biar cepet dapat duit dari adsense. Aku tanya dia, udah berapa posting, berapa visitor? Dia bilang sudah posting 30 selama 3 bulan degan visitor 20 sehari dan earning adsense sekitar $10 selama 3 bulan. Aku bilang wajar aja. Trus aku bilang coba kamu posting sampai 3000 artikel, nanti hasilnya akan beda.

Mas, pernah nggak ketemu blogger yang nuakal, atau mungkin yang unik, ekstrem juga boleh ...
Yang nakal banyak, yang unik banyak juga. yang extrem kurang tau, yang masuk kategori itu kayak gimana yah?

Maksudnya yang mengandung porn, misalnya...
Mungkin ada, cuman mungkin gak banyak, karena web kayak gitu kan gak bisa dipasangin adsense, kalau bikin porn untuk iklan lain atau model subscribe gitu mungkin ada, yang aku kenal kayak nggak ada yang bikin kek gitu.

Sampai sekarang apa anda masih aktif menimba ilmu? Yang saya kenal selama ini ‘kan anda aktif mengajar. Bagaimana dengan inputnya?
Belajar kan bisa darimana aja, sebagia besar dari internet juga, abisnya gak pernah baca buku, gak pernah nonton tv juga :D.

Untuk bisa jadi blogger seperti anda, dengan penghasilan besar, dll, pastilah kalau diitung-itung udah keluar banyak dana juga 'kan. Paling tidak untuk ke warnet. Apakah itu bisa diatas secara offline, untuk postingnya. Seperti menggunakan flock, blogjet , dll?
Ada kawanku degan cara seperti itu, bikin kontent dirumah, posting pas di online kantor, sekarang dia bisa online sendiri dari rumah. Kalau aku sendiri nggak pernah, dulu pas ke warnet ya posting biasa aja, kalau bisa online 1-2 jam kan lumayan bisa beberapa posting. Dikerjain offline dulu tentu saja lebih baik karena menghemat waktu dan biaya. Pekerjaan blogger sebenarnya biayanya relatif murah untuk yang sudah bisa menghasilkan, kalo dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan gak sampe 10% dari pengasilan.

Ini soal rating, mas. Apakah  ada kaitannya antara rating alexa dan pendapatan dari google adsense,…
Alexa tidak mempengaruhi pendapatan dari adsense, pendapatan dari adsense hanya berkaitan dengan jumlah visitor yang datang, semakin banyak visitor, semakin banyak earning adsense, jumlah visitor yang datang memang berpengaruh ke rangking alexa.

Kalau dari technocrati
Technorati hanya menunjukkan popularity blog kita berdasarkan jumlah backlink. Tapi  jumlah backlink memang jadi salah satu pertimbangan bagi google untuk menentukan SERP dan pagerank.

Saya  megumpulkan blogger TOP menurut technorati, dan mereka berbagi tips. Disini ada yang unik. ada yang punya blog sampek 200 blog. Apa ini efektif untuk menaikkan pendapatan dari adsense…
Kalo di urus sendiri saya yakin gak efektif, kalo bisa terurus semuanya gak masalah, mungkin dia pake perhitungan BANYAK BLOG BANYAK EARNING, boleh juga. Mungkin dia hitung misalya kalo 1 blog bisa menghasilkan $ 0,5 kan tinggal di kali 200 aja.

Soal social networking, Mas. Menurut anda apa ini perlu? Banyak tips yang menganjurkan untuk bersosial dengan cara mengkomentari situs orang lain…
Bagus untuk membangun komunitas, tapi menurutku gak bagus untuk traffic blog/web, karena tidak natural tadi. Kalo social bookmark masih bisa dimanfaatkan, beberapa masih dofollow, jadi bisa buat nambah-nambah backlink.

Ada nggak Blogger dalam atau luar negeri sing patut jadi panutan...
Kalo dilokal mungkin udah banyak yang tau Cosa Aranda dari cosaaranda.com, untuk luar ada Darren Rowse dari problogger.net atau John Cow dari johncow.com yang sangat sukses dengan blog. Kalo secara umum dunia online earning saya kagum dengan teman dan kawan baik saya Wawan dari pogung177.com dan Om Agus dari yogyes.com, keduanya bukan blogger tapi nyari duit dari internet juga dan sangat-sangat sukses, yang blogger ada Om Jumbet dari theupstair.com yang sangat sukses jadi pengangguran.

Suatu saat anda yakin bahwa profesi blogger yang dipandang "di rumah saja" ini bisa menjadi profesi idaman, setara dokter, insinyur, atau mungkin caleg...
Kalo dianggap sebagai sebuah profesi kayaknya masih lama banget, tapi mungkin saja.
Kalo idaman mungkin saja untuk karakter orang tertentu yag tidak suka dengan formalitas seperti saya :D, beberapa temen ngumpul di Jogja udah banyak yang keluar dari pekerjaan kantoran hanya untuk jadi blogger dan kerja dirumah aja.

Kalau boleh tau, pendapatan terbesar Anda dari mana, Mas. Dan apakah yang terbesar itu adalah yang terlama anda tekuni...
Adsense masih paling banyak, trus Text Link Ads dan Chitika, ada dikit Amazon dan TNX, udah beberapa bulan terakhir nggak ngajar rutin lagi. Terakhir bulan lalu, itu juga workshop blog cuman 6 jam.

Terakhir mas, gak pengin nulis buku...
Belum, bingung mo nulis apa :)) klo udah depan komputer gak bakalan bisa nulis-nulis, pasti langsung online dan ngurus blog, posting-posting :))

Ok, Bro. Makasih Banyak waktunya...
Sama-sama, Mas Andre :)
http://www.bloggerhelper.com/2010/02/mungkinkah-blogger-cepat-kaya.html


Bagaimana? semoga manfaat ya. loh loh sebentar kok tidak nyambung dengan judul ya? hehe .... nyambunglah itulah resikonya jika nanti ada diantara Anda terutama wanita yang memiliki pasangan atau suami yang suka atau hobby ngeblog tapi yang sangat fokus bin serius serta sabar bisa jadi akan diganjar dollar setiap detiknya :)))

Demikian, salam!
http://samudrabirucinta.blogspot.com/

Komentar :

ada 2 Komentar ke “Apa mau punya pacar atau suami seorang Blogger?”
Citra said...
pada hari 

hehehe...suamiku sayangnya gak suka nge-BLOG! tapi semua design & layout blog adsenseku doi yg bikin ^_^*~???

Admin said...
pada hari 

wah mba citra boleh dong nanti saya berguru pada suaminya? :D

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting