Trend Bisnis Tahun 2011

Bali Panorama
Bali,SamudraBiruCinta.com_Sering kali saya selalu ketinggalan sebuah wacana yang terjadi di setiap masa pergantian tahun. yang ada terkadang timbul sebuah penyesalan, dan kata-kata yang umum terlontar maupun terpendam dalam hati adalah "ah andai saja, ah jika saja, ah coba dulu saya .. dan lain sebagainya dan akhirnya untuk kali ini saya ingin ikut terlibat di dalamnya. dengan pengetahuan yang benar-benar nol mengenai dunia Internet dan di ruang ini kita tidak perlu memiliki background seseorang yang ahli dibidang komputer dan harus jago bahasa inggris, no sangat Keliru jika kita beranggapan seperti itu sudah saatnya Mindset Anda diubah segera. kerna Google sendiri sudah menyediakan ribuan hingga jutaan Informasi untuk memudahkan kita.

Dan yang pasti saat ini sedang berproses belajar sedikit demi sedikit dari mereka-mereka yang terlebih dahulu telah sukses di dunia ini, belajar dengan kesungguhan Hati. tidak segan masuk di kotak pesan mereka ataupun di komentar web dan blog mereka [oya, memberi komentar itu sangat bernilai kerna pertama selain membantu pemilik web atau blog makin terindex di Google di satu sisi komentar kita juga dapat memberi arti kepada blog kita sendiri~terindex mesin pencari Google juga!, maka jangan pelit beri komentar; amal lewat Maya ya salah satunya dengan begitu caranya hehehe...] win-win solution.
Membaca dengan seksama setiap apa yang hari ini di posting "apapun itu" kadang menunggu, apa ya? apa ya, ilmu yang baru dan sebagainya; yang baik saya ambil, simpan dalam hati dan yang menurut saya tidak perlu hanya untuk menambah wawasan. dan memberanikan diri bertanya hal-hal yang mungkin menurut mereka sangat sederhana tapi buat saya begitu berharga. meskipun yang kita tanya usianya jauh  terpaut di bawah kita namun secara keilmuan mereka sangat mengusai di Bidangnnya.

Dan Alhamdulillah orang-orang yang menurut hemat saya terpilih ini dengan sangat senang hati mau memberi masukan dan Ilmu gratis hingga nantinya saya pergunakan dan amalkan sepanjang hidup saya serta di bagikan pula kepada yang sedang membutuhkan, luar biasa! orang-orang yang memiliki mental berkelimpahan! buat apa pelit ilmu? kerna kita kelak tidak ditanya kan nantinya rumus-rumus itu di kubur? hehehe ...., waduh ini benar-benar nggak nyambung dengan judul yah? keluar jalur. 

Kita kembali ke tema. membaca sekilas judul di atas seperti sudah tahu saja apa yang akan terjadi :), bukan-bukan demikian segala sesuatunya tentu berdasarkan pengamatan dari para pakar kendati tidak selalu tepat namun senantiasa berdekatan, saya hanya menyambungkan saja ke Sobat semua. bukan pengamat bola lho ya? yang diujung komentar biasanya para komentator bola mengatakan"bola itu bulat dan apa saja bisa terjadi" kendati di atas kertas salah satu Tim menang segalanya. hehe .. ya iyalah Pak, bola bulat kalau kotak mah kerdus! hehe ... weee buruan keluar jalur lagi!

Baiklah kita mulai, Sobat semua tentu berdasarkan statistik data hasil survey dari badan pengamat Ekonomi Independent yang memang berkecimpung di dalamnya, melakukan analisa dan memberi kesimpulan yang akan menjadi Trend Bisnis Tahun 2011 dan tulisan saya ini hanya sekelumit dari beberapa bagian yang begitu banyak informasi yang terjadi. semoga menambah sebuah khazanah kepada kita semua di penghujung tahun 2010 dan selamat datang Tahun 2011. jika mengenai koreksi diri dan lain sebagainya mengenai apa dan bagaimananya kita masing-masing di Tahun yang lalu di halaman lain ya? :)

Sobat semua yang baik, tidak ada salahnya jikalau kita siapkan segala sesuatunya untuk menyambut Trend Bisnis Tahun 2011 nanti. agar semua berjalan sebagaimana harapan Sobat semua. dan bisnis yang sudah ada yang notabene dikelola secara offline tidak ada salahnya  ditingkatkan dan dikelola secara online pula  dan menjadi maju serta bermanfaat lebih kepada khalayak "samudra biru group" siap bantu kok gratis pula! hehe..

Berdasarkan survey pada Tahun 2011 nanti diperkirakan perekonomian di negeri tercinta Indonesia ini kira-kira akan mengalami peningkatan hingga 6.3% dengan Inflasi kurang lebih 4.5%. dan diperkirakan harga BBM menjadi 75% hingga 90$ per barrel!. ini semua tentu dengan catatan selalu memantau kegiatan perang kurs anatara China dan Amerika yang selalu menjadi berita terhangat di Tahun 2010 dan terus akan berlanjut di tahun 2011 mendatang. di satu sisi pengaruh perang di Semenanjung Korea, tentu saja dari pergolakan yang sedang terjadi membawa dampak lambatnya pemulihan krisis global.

Yang perlu menjadi perhatian antisipasi khusus adalah perencanaan pembatasan terhadap subsidi BBM yang akan berlangsung di awal Tahun 2011 ini. sudah sangat jelas ini akan berpengaruh terhadap bisnis-bisnis yang terkait dengan hal tersebut. seperti transportasi, distribusi juga bisnis konsumsi. dan dari berbagai sumber yang ada, diperkirakan di Tahun 2011 Ekonomi negara kita akan bertopang pada konsumsi yang bersifar Domestic, dengan pangsa pasar lokal yang masih tergolong aman, meski akan mengalami penekanan-penekanan pada 3 bulan pertama di Tahun 2011. nanti. tentunya hal ini menjadikan periode yang cukup berat bagi perekonomian Indonesia belum ditambah Ekonomi Global yang tidak stabil, terbatasnya subsidi BBM dan juga seretnyya pengalokasian perbelajaan dari pihak Pemerintah. dan di lain pihak pemerintah akan semakin tegas dalam upaya penegakan hukum, perdagangan, industri dan perpajakan, semoga saja ya? sudah terlihat bukan apalagi kemarin sempat santer tentang pajak warteg dan sebagainya, untuk sektor yang lain semoga juga demikian tapi tetap berharap memihak pada Rakyat dong!

Sobat, di Tahun 2011, trend dalam Pemasaran masih mengkombinasikan system kekuatan Channel pendistribusian. di mana barang siapa yang memiliki akses channel distribusi yang baik, maka dialah yang akan mendapat Peluang Terbesar untuk menang di tengah persaingan yang cukup ketat dan liukannya yang amat memikat hehe

Lantas bagaimana? Kunci atau strategi dalam memenangkan persaingan Trend Pemasaran di Tahun 2011 nanti adalah Merchant yang mengutamakan pelayanan terhadap customernya. di mana customer ini memegang peranan yang cukup besar terhadap pasar, mengingat customer itu semakin well informed dengan adanya pilihan-pilihan yang semakin banyak dan didukung pula dengan semakin rendahnya switching cost. adapun yang mendominasi system pelayanan terhadap Customer nanti adalah system yang sudah terotomatisasi berbasis sewa, saya contohkan Sofware as a Service atau lebih populer dengan istilah SAAS yang saat ini dimiliki oleh Autotask, sugarcrm, salesforce dan lainnya. sehingga dari prediksi, terkait hal ini maka akan muncul para pemain Lokal.

Sobat semua yang baik, kita tentu mengenal Facebook dan Twitter bukan? ya iyalahhhh hgrrrrrr ... :) malah sampai ada yang kecanduan segala mungkin hehe ..., ya dua jejaring sosial ini akan semakin populer di Tahun 2011 nanti. nah ini hanya contoh lho, kebetulan di sela jeda saya sedang mengelola sebuah usaha bersama kawan yang masih se'iprit emprit kecilnya yaitu sebuah jasa pelayanan warnet hampir setiap pengamatan saya dari info yang menjaga ada saja yang meminta untuk membuatkan dua account jejaring sosial tersebut, hal ini menguatkan sebuah prediksi di atas rasanya entah jika di daerah lain, saya rasa tidak jauh berbeda.

Jadi kegiatan bisnis internet pun akan semakin ramai, beberapa kebijakan pemerintah agar para guru dan pegawai negeri sipil agar menguasai komputer semakin menandakan hal ini, hanya contoh kecil belum sektor lainnya. jadi Sobat bisa bayangkan jika mereka-mereka akhirnya juga merambah ke dunia Maya bukan? dunia SEO akan semakin semarak, Google, Yahoo, MSN kian cemerlang. dan ini artinya apa? ya sebuah peluang yang sangat besar sedang di depan, bagi para pelaku bisnis Online di Internet. Untuk itu sudahkah kita mempersiapkannya sedari sekarang, sembari Facebookan juga cicit cuit di Twitter apa salahnya? dalam menyambut bisnis Global yang kian bergelombang datang, serupa samudra biru yang sedang menghempas terjalnya karang :)


Dalam menggali potensi pasar dan pengalaman loyalitas Customer, Comunity Based Marketing akan semakin kuat. adapun perindustrian seperti kendaraan bermotor, maka kendaraan jenis matic akan semakin mendominasi dan akan terus melibas jenis kendaraan bebek bahkan dari sebuah sumber bahwa  penjualan matic akan menguasai 50% dari penjualan kendaraan bermotor secara keseluruhan. sekarang coba saja perhatikan gejalanya di jalanan dan di para tetangga kita hehe ..., berdasarkan prediksi pula, para pemain besar akan melaunching produknya di tiga bulan pertama pada tahun 2011 nanti.

Sementara di sektor Industri berbasis Komputer maka laptop akan lebih mendominasi pada personal computer dengan perbandingan 80:20 dalam study perbadingan rasio. sedang notebook akan terlibas oleh iPad dan juga produk sejenis. terutama iPad yang menggunakan Android Application.

Sedang di Bisnis Franchise pun akan semakin berkembang luas seperti Mc Donald, KFC, Starbucks dan lain-lain. terutama Franchise lokal; seperti kita lihat Alfamart, Indomaret, dan masih banyak lagi nanti juga menyusul "samudra biru group" hehehe gubrak ...., yang pasti pemain lokal akan banyak yang sukses dan untuk produk Franchise ini masih di dominasi oleh jenis makanan dan minuman. sedangkan Computer Alication akan mewarnai mayoritas perkantoran dengan spesifikasi Web based, Multiplatform, Mobile, serta berbasis sewa software as a service terutama untuk bagian Finance. system-system yang telah terkonsep dengan system modernisasi di seluruh aspeknya.

Dengan melihat fenomena ini, maka tidak menutup kemungkinan pada tahun 2011 para pemain besar dunia akan menurunkan harga produknya agar bisa masuk di pasar Usaha Kecil Menengah di sela-sela perkembangan bisnis Internet Indonesia yang terus saja berkembang dari hari ke hari. tentu saja after sales masih menjadi kunci utamanya. Bisnis industri kreatif akan berkembang dengan pesat dan diprediksi akan menmbus pasar international. dan kota-kota seperti Jakarta, Bandung dan Jogjakarta akan menjadi Leader untuk memberikan hasil dari start-up di bisnis kreatif ini, lha sudah sudah terbuktikan dari dulu ketiga kota besar tersebut menjadi icon, sebuah kreatifitas yang menonjol dibanding daerah lain. mungkin kerna homogennya penduduk di daerah tersebut.

Dan para mahasiswa Indonesia pun akan ikut memberikan warna trend bisnis tahun 2011 ini. di mana sekarang menjamur pelatihan-pelatihan semacam EU [Enterpreuneur University] hehe .. ngemeng-ngemeng yang nulis ini juga pernah ikut lho :) halah. dan yang pasti satu hal para mahasiswa nanti keinginan untuk menjadi wirausaha akan semakin meningkat. dan trend yang akan terjadi adalah mahasiswa lulus dengan predikat Wirausahawan akan lebih populer daripada mahasiswa yang Lulus dengan IPK tinggi.

Duit: Doa Usaha Imam&Taqwa
Sobat, Ini semua hanyalah sebatas prediksi berdasarkan analisa di Tahun 2010 untuk sebagai pedoman ke Tahun 2011 dan bukanlah menjadi sesuatu yang mutlak.

Tetap semuanya ada Sang Penggerak, Yaitu Dzat Yang Maha Kuasa. dan manusia di wajibkan untuk senantiasa berdo'a dan berusaha. Sekali lagi, suka tidak suka trend ini akan menjadi hal yang akan melendang di depan kita, manjadi bagian atau tidak, turut besar dan menjadi saluran berkah di dalamnya semua tergantung Anda semua.

"seandainya kemiskinan itu berwujud manusia, niscaya aku yang akan membunuhnya!" 
[ Khalifah Ali ]


Sekian dan Terimaksih, telah berkenan membaca, membagikan dan bertandang dan juga berkomentar :)
 

sumber pelengkap : Info Bisnis.com
http://samudrabirucinta.blogspot.com

Komentar :

ada 5 Komentar ke “Trend Bisnis Tahun 2011”
anto Hprastyo said...
pada hari 

bismillah .....

Anonymous said...
pada hari 

terutama iPad yang menggunakan Android Aplication ?? coba dicek lagi gan hehe, postingan bagus biar lebih sempurna hehe

Admin said...
pada hari 

ya Android Application? Android adalah sebuah software open-source yang dikembangkan untuk aplikasi perangkat mobile yang penuh dengan fitur. yang di dalamnya pengembangan animasi splash screen, pembuatan main menu, eksplorasi Andoird SDK guna pengembangan aplikasi berbasis built-in camera, memperbesar LBS,dan memaksimalkan aplikasi dengan fitur sosial. Selain itu, kustomisasi aplikasi untuk handsets yang berbeda, screen size, dan bahasa-bahasa asing. Terakhir, agar hasil pengembangan aplikasi Android Anda bisa dinikmati oleh orang banyak. gimana gan? yang dimaksud apa ya?

Anonymous said...
pada hari 

Menurut saya ini paling bagus
liat aja:

http://www.Prizegod.com/index.php?referral=34943

Admin said...
pada hari 

coba nanti saya turut tengok ya Gan. terimakasih sudah hadir di sini :) salam

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita. Blog ini Adalah Waqaf onlineku untuk semua, mohon jikalau ada yang tidak benar diluruskan, bagiku menjadi blogger adalah panggilan jiwa untuk membuka ruang bagi saujana. Hidup untuk memberi; Berilmu Amaliyah, Beramal Ilahiyah, Memberi Merupakan Puncak Kebahagiaan. Semoga manfaat. Salam

 
Cheap Web Hosting